Selamat Datang di Website Fakultas Sastra

Fakultas Sastra
Universitas Darma Persada

Dekan : DR. Eko Cahyono

animasi21

Strata Satu (S-1)
Penguasaan Bahasa asing dan pemahaman kebudayaannya merupakan modal yang sangat penting untuk pergaulan international, untuk meniti karier dan mengembangkan diri dalam segala bidang. Kemampuan tersebut dapat anda miliki dengan belajar di UNSADA, yaitu disalah satu dari program studi berikut:

Diploma Tiga (D-3)
Diploma 3 (tiga) Universitas Darma Persada merupakan Program yang berorientasi pasar, dan mampu mempunyai tujuan menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang handal di bidang bahasa asing

Program Studi

  • SASTRA JEPANG (S-1)
  • SASTRA CINA (S-1)
  • SASTRA INGGRIS (S-1)
  • BAHASA JEPANG (D-3)
  • BAHASA CINA (D-3)
  • BAHASA INGGRIS (D-3)

 

Kurikulum

Strata Satu (S-1)
Ketiga Program Studi diatas mensyaratkan menempuh perkuliahan hingga mencapai 144 sks selama 4 tahun atau 8 semester untuk menjadi sarjana sastra. Namun, masing-masing program studi memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Program Studi Sastra Jepang menyajikan kurikulum yang memberi ruang pada studi kewilayahan dengan mencantumkan antara lain mata kuliah Sejarah Politik Jepang, masyarakat dan Budaya Jepang.
  • Program Studi Sastra Cina mengarahkan mahasiswanya kepada kemahiran berbahasa dengan tujuan menunjang latar belakang studi kewilayahan, sejarah dan linguistik. Keistimewaan Program Studi Cina Ialah mahasiswa diarahkan untuk mencapai kemampuan berbahasa Cina dengan standar internasional HSK/Hanyu Shuiping Kaoshi
  • Program Studi Sastra Inggris menata kurikulumnya dengan memberi ruang pada studi kewilayahan : Amerika, Inggris, dan Australia yang mencakup nilai budaya dan falsafah hidup

 

Diploma Tiga (D-3)
Masing-masing dari ketiga program studi di atas mempunyai ciri khas tersendiri,namun secara umum mahasiswa program diploma ini diwajibkan mengikuti proses belajar mengajar selama enam semester atau tiga tahun dengan beben studi maksimal 120 sks, termasuk praktek kerja lapangan dan penulisan laporan praktek kerja lapangan.

  • Program Bahasa Jepang D-3: Selain mata kuliah bahasa Jepang, Program Diploma Bahasa Jepang D3 juga dilengkapi dengan mata kuliah peminatan, yaitu Kewirausahaan, Kepariwisataan Perhotelan dan Etika, Bahasa Jepang Perkantoran, Korespondensi, Penerjemahan dan Audio Visual.Ciri khas dari Program Bahasa Jepang ini adalah mata kuliah PKT (Pendalaman Kemampuan Bahasa Jepang Terpadu) yaitu mata kuliah persiapan untuk menghadapi ujian kemahiran Bahasa Jepang(Noryoku Shiken)yang diakui secara internasional.
  • Program Diploma Bahasa Cina D-3 Mahasiswa Program Diploma Bahasa Cina diarahkan pada kemahiran berbahasa dengan penguasaan huruf Cina dan percakapan yang mencakup bidang perkantoran,penerjemahan, besnis dan pariwisata serta pengenalan budaya dan sejarah Cina secara umum. Di samping itu mahasiswa diberikan mata kuliah seperti komputer bahasa Cina, dan mata kuliah bimbingan HSK/Hanyu Shuiping Kaoshi (ujian bahasa Cina tingkat internasional).
  • Program Studi Bahasa Inggris D-3: Mata kuliah yang diajarkan mencakup mata kuliah kemahiran berbahasa, nonkemahiran berbahasa, penerjemahan, terapan (Korespondensi, Wicara), Linguistik dan kapita Selekta (perkantoran, kesekretarisan, kepariwisataan, dan pemasaran) Di samping itu mahasiswa Program Diploma Inggris D3 juga dibekali dengan mata kuliah yang bersertifikasi, yaitu komputer dan TOEFL (Test of English as a Foreign Language).

 

Peluang Kerja

Diploma Tiga (D-3)
Para lulusan dapat bekerja di berbagai instansi seperti lembaga pendidikan menengah,lembaga khusus, instansi pemerintah, instansi swasta, sekretaris, publik relation, pemandu wisata dll.

 

Tenaga Pengajar

Pendidikan dan pengajaran dibimbing oleh dosen-dosen yang berkualifikasi doktor/S-3 dan magister/S-2 yang berpengalaman baik dalam dan luar negeri.

Fasilitas

 

  • Lab.Bahasa
  • Perpustakaan
  • Penutur asing(Native Speaker)

 

 

Comments are closed.